Selasa, 30 Juni 2020

Struktur Organisasi Bengkel sepeda motor


Pengertian Struktur Organisasi Dan Fungsinya Secara Jelas



Pertemuan Pertama ( 6 x 45 Menit )
A.    Pengertian Struktur Organisasi
Struktur organisasi bengkel adalah merupakan susunan kelompok kerja / unit kerja yang terdiri dari 2 orang atau lebih dengan memiliki tugas dan tanggung jawab sesuai dengan posisi atau jabatan untuk mencapai tujuan /visi misi perusahaan. Dalam struktur organisasi tugas dan tanggung jawab masing-masing posisi atau jabatan akan lebih jelas dan terorganisir dengan baik. Dalam struktur organisasi yang baik dapat menjelaskan antara tugas dan tanggung jawab yang satu dengan yang lainnya dalam hubungan kerja, siapa yang memimpin , siapa yang melapor, siapa yang bertanggung jawab dalam suatu pekerjaan. 

Dalam sebuah perusahaan bengkel struktur organisasi sangat penting, karena ini merupakan bagian dari manajemen sebagai alat untuk membangun hubungan kerja. Hubungan diantara fungsi setiap karyawan, tanggung jawab, tugas, wewenang yang berbeda dalam perusahaan. Maka setiap karyawan akan saling ketergantungan satu dengan yang lainnya dalam mencapai tujuan perusahaan. 

B.     Fungsi Struktur Organisasi
Peranan struktur dalam suatu organisasi sangat penting untuk menjamin perkembangan bengkel, berikut fungsi struktur organisasi dalam sebuah perusahaan bengkel :

1.    Kejelasan tanggung jawab setiap karyawan dan pimpinan dalam bengkel
Dengan adanya struktur organisasi, maka dalam perusahaan bengkel akan jelas siapa yang bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas dan apa yang jadi tanggung jawab masing-masing karyawan sesuai dengan posisinya.

2.    Kejelasan kedudukan jabatan setiap karyawan
Dengan adanya struktur organisasi, maka kedudukan setiap karyawan jelas secara formal. siapa yang jadi pimpinan, siapa yang jadi bawahan, kepada siapa melapor melalui bagan dalam struktur. sehingga hal ini akan memudahkan setiap karyawan dalam berkoordinasi satu dengan yang lainnya untuk menghinari missed communication.

3.    Kejelasan jalur hubungan kerja antar karyawan
Dalam bagan struktur organisasi akan terlihat jelas hubungan kerja dalam melakukan tugas dan tanggung jawab dalam menyelesaikan pekerjaan sehingga lebih efektif.

4.    Pengendalian dan pengawasan karyawan jelas
Adanya Struktur organisasi, maka kedudukan setiap karyawan jelas. mana atasan dan mana bawahan, sehingga pengendalian karyawan dalam perusahaan akan lebih jelas dalam pelaksanaannya. Atasan akan mudah mengkoordinasi bawahannya dan mengevaluasi kinerja bawahannya sesuai dengan jalur organisasi. Fungsi dan tanggung jawab masing-masing anggota dikendalikan dan dievaluasi oleh atasannya berdasarkan alur hubungan kerja dalam struktur organisasi.

       Sumber :



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas 3

Memuat…